Surat permohonan maaf merupakan salah satu bentuk surat resmi yang digunakan untuk meminta maaf atas kesalahan atau ketidaksengajaan yang telah dilakukan. Surat permohonan maaf dapat dibuat untuk berbagai keperluan, salah satunya adalah untuk mengirimkan barang melalui jasa pengiriman seperti JNE.

Pengertian Surat Permohonan Maaf JNE

Surat permohonan maaf JNE adalah surat resmi yang dikirimkan oleh pengirim atau penerima barang melalui layanan JNE untuk meminta maaf atas kesalahan yang terjadi selama proses pengiriman barang. Kesalahan tersebut bisa berupa barang yang terlambat sampai, barang yang rusak, atau kesalahan lain yang dilakukan oleh pihak JNE.

Surat permohonan maaf JNE dapat dibuat oleh pengirim atau penerima barang, tergantung dari siapa yang merasa bertanggung jawab atas kesalahan tersebut. Surat ini dapat berisi permohonan maaf, penjelasan tentang kesalahan yang terjadi, dan langkah-langkah yang akan diambil untuk menghindari kesalahan serupa di masa depan.

Format Surat Permohonan Maaf JNE

Untuk membuat surat permohonan maaf JNE, Anda dapat mengikuti format berikut:

  1. Header: Tuliskan nama perusahaan atau instansi, alamat, nomor telepon, dan email.
  2. Tanggal: Tuliskan tanggal pembuatan surat.
  3. Kepada Yth.: Tuliskan nama penerima surat, jabatan, dan alamat.
  4. Perihal: Tuliskan perihal surat, misalnya “Permohonan Maaf atas Kesalahan Pengiriman Barang”.
  5. Isi Surat: Tuliskan permohonan maaf dan penjelasan tentang kesalahan yang terjadi. Jangan lupa untuk menyebutkan nomor resi pengiriman barang agar pihak JNE dapat mengidentifikasi kasus tersebut.
  6. Tutup Surat: Tuliskan penutup surat, misalnya “Demikian surat permohonan maaf ini kami buat, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.”
  7. Tanda Tangan: Tuliskan nama lengkap dan jabatan pengirim surat, serta tempat dan tanggal pembuatan surat.

Contoh Surat Permohonan Maaf JNE

Berikut ini adalah beberapa contoh surat permohonan maaf JNE yang dapat Anda jadikan referensi:

Contoh 1

PT ABC
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Jakarta 12345
Telp. (021) 123456
Email: info@abc.com

Jakarta, 1 Januari 2022

Kepada Yth.
JNE
Jl. Gatot Subroto No. 123
Jakarta 12345

Perihal: Permohonan Maaf atas Kesalahan Pengiriman Barang

Dengan hormat,
Kami dari PT ABC ingin menyampaikan permohonan maaf atas kesalahan pengiriman barang yang terjadi pada tanggal 28 Desember 2021. Nomor resi pengiriman barang adalah 1234567890.

Setelah kami melakukan pengecekan, ternyata barang yang dikirimkan mengalami kerusakan saat dalam perjalanan. Kami sangat menyesal atas kesalahan tersebut dan memohon maaf atas ketidaknyamanan yang telah dialami oleh penerima barang.

Sebagai tindakan perbaikan, kami akan melakukan penggantian barang dengan yang baru. Kami juga akan meningkatkan pengawasan terhadap proses pengiriman barang agar tidak terjadi kesalahan serupa di masa depan.

Demikian surat permohonan maaf ini kami buat, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
PT ABC

Anton Sutanto
Manager Operasional

Contoh 2

PT XYZ
Jl. Ahmad Yani No. 123
Surabaya 67890
Telp. (031) 123456
Email: info@xyz.com

Surabaya, 1 Januari 2022

Kepada Yth.
JNE
Jl. Diponegoro No. 123
Surabaya 67890

Perihal: Permohonan Maaf atas Kesalahan Pengiriman Barang

Dengan hormat,
Kami dari PT XYZ ingin menyampaikan permohonan maaf atas kesalahan pengiriman barang yang terjadi pada tanggal 28 Desember 2021. Nomor resi pengiriman barang adalah 1234567890.

Kami mengetahui bahwa barang yang kami kirimkan tidak sampai ke alamat tujuan. Setelah kami melakukan pengecekan, ternyata terdapat kesalahan dalam alamat penerima yang kami inputkan ke sistem JNE. Kami sangat menyesal atas kesalahan tersebut dan memohon maaf atas ketidaknyamanan yang telah dialami oleh penerima barang.

Sebagai tindakan perbaikan, kami akan memperbaiki data alamat penerima agar tidak terjadi kesalahan serupa di masa depan. Kami juga akan terus meningkatkan pengawasan terhadap proses pengiriman barang agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.

Demikian surat permohonan maaf ini kami buat, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
PT XYZ

Budi Santoso
Kepala Gudang

Contoh 3

Andi Wijaya
Jl. Merdeka No. 123
Bandung 45678
Telp. 0812345678

Bandung, 1 Januari 2022

Kepada Yth.
JNE
Jl. Asia Afrika No. 123
Bandung 45678

Perihal: Permohonan Maaf atas Kesalahan Pengiriman Barang

Dengan hormat,
Saya ingin menyampaikan permohonan maaf atas kesalahan pengiriman barang yang terjadi pada tanggal 28 Desember 2021. Nomor resi pengiriman barang adalah 1234567890.

Saat saya mengirimkan barang tersebut, saya tidak melampirkan alamat lengkap penerima. Sehingga, pihak JNE tidak dapat menemukan alamat tujuan dan barang tidak dapat dikirimkan dengan baik.

Saya sangat menyesal atas kesalahan tersebut dan memohon maaf atas ketidaknyamanan yang telah dialami oleh pihak JNE dan penerima barang. Saya berjanji untuk lebih teliti dalam mengisi data pengiriman barang di masa depan.

Demikian surat permohonan maaf ini saya buat, atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Andi Wijaya

Contoh 4

Dewi Sari
Jl. Raya Bogor No. 123
Depok 78901
Telp. 0812345678

Depok, 1 Januari 2022

Kepada Yth.
JNE
Jl. Margonda Raya No. 123
Depok 78901

Perihal: Permohonan Maaf atas Kesalahan Pengiriman Barang

Dengan hormat,
Saya ingin menyampaikan permohonan maaf atas kesalahan pengiriman barang yang terjadi pada tanggal 28 Desember 2021. Nomor resi pengiriman barang adalah 1234567890.

Saat saya mengirimkan barang tersebut, saya tidak memperhatikan dengan baik kondisi barang yang akan dikirimkan. Sehingga, barang yang saya kirimkan rusak saat sampai di tangan penerima.

Saya sangat