Surat pengembalian barang kantor adalah surat yang digunakan untuk memberitahu pihak yang berkaitan bahwa suatu barang kantor akan dikembalikan. Surat ini biasanya digunakan ketika sebuah perusahaan atau instansi meminjam barang dari pihak lain, seperti supplier atau rekan bisnis. Surat pengembalian barang kantor diperlukan untuk memastikan bahwa barang tersebut dikembalikan dengan tepat waktu dan dalam kondisi yang baik.

Format Surat Pengembalian Barang Kantor

Untuk membuat surat pengembalian barang kantor, ada beberapa format yang perlu diperhatikan. Format surat pengembalian barang kantor biasanya terdiri dari:

  1. Header surat yang berisi alamat pengirim dan penerima, serta tanggal pembuatan surat
  2. Pembukaan surat yang berisi salam pembuka dan perkenalan
  3. Isi surat yang berisi penjelasan mengenai barang kantor yang akan dikembalikan, termasuk tanggal peminjaman dan tanggal pengembalian serta kondisi barang kantor
  4. Penutup surat yang berisi ucapan terima kasih dan salam penutup
  5. Tanda tangan dan nama pengirim surat

Berikut adalah contoh format surat pengembalian barang kantor:

Header:

[Nama Perusahaan/Instansi Pengirim]
[Alamat Pengirim]
[Tanggal Pembuatan Surat]

[Nama Perusahaan/Instansi Penerima]
[Alamat Penerima]

Pembukaan:

Kepada Yth.,
[Buat salam pembuka dan perkenalan]

Isi:

Berdasarkan kesepakatan sebelumnya, kami meminjam [nama barang kantor] dari perusahaan/instansi Bapak/Ibu pada tanggal [tanggal peminjaman]. Saat ini, kami telah selesai menggunakan barang tersebut dan akan mengembalikannya pada tanggal [tanggal pengembalian]. Kami memastikan bahwa barang kantor yang dikembalikan dalam kondisi baik dan siap digunakan kembali oleh pihak Bapak/Ibu.

Penutup:

Demikian surat pengembalian barang kantor ini kami buat. Terima kasih atas kerjasamanya dan kami harap dapat bekerja sama lagi di masa yang akan datang.

Salam hormat,
[Nama dan Jabatan Pengirim Surat]

Contoh Surat Pengembalian Barang Kantor

Berikut adalah beberapa contoh surat pengembalian barang kantor:

Contoh Surat Pengembalian Barang Kantor 1:

PT ABC
Jl. Sudirman No. 123
Jakarta
1 Januari 2022

PT XYZ
Jl. Gatot Subroto No. 456
Jakarta

Kepada Yth.,
Salam Hormat,

Kami dari PT ABC ingin mengucapkan terima kasih atas peminjaman [nama barang kantor] dari PT XYZ pada tanggal 1 Desember 2021. Saat ini, kami telah selesai menggunakan barang tersebut dan akan mengembalikannya pada tanggal 5 Januari 2022.

Kami pastikan bahwa barang kantor yang kami kembalikan dalam kondisi baik dan siap digunakan kembali oleh PT XYZ. Terima kasih atas kerjasamanya dan kami harap dapat bekerja sama lagi di masa yang akan datang.

Salam hormat,
[Nama dan Jabatan Pengirim Surat]

Contoh Surat Pengembalian Barang Kantor 2:

Universitas ABC
Jl. Merdeka No. 789
Bandung
1 Februari 2022

PT XYZ
Jl. Asia Afrika No. 101
Bandung

Kepada Yth.,
Salam Hormat,

Kami dari Universitas ABC ingin mengucapkan terima kasih atas peminjaman [nama barang kantor] dari PT XYZ pada tanggal 1 Januari 2022. Saat ini, kami telah selesai menggunakan barang tersebut dan akan mengembalikannya pada tanggal 5 Februari 2022.

Kami pastikan bahwa barang kantor yang kami kembalikan dalam kondisi baik dan siap digunakan kembali oleh PT XYZ. Terima kasih atas kerjasamanya dan kami harap dapat bekerja sama lagi di masa yang akan datang.

Salam hormat,
[Nama dan Jabatan Pengirim Surat]

Contoh Surat Pengembalian Barang Kantor 3:

PT ABC
Jl. Sudirman No. 123
Jakarta
1 Maret 2022

PT XYZ
Jl. Gatot Subroto No. 456
Jakarta

Kepada Yth.,
Salam Hormat,

Kami dari PT ABC ingin mengucapkan terima kasih atas peminjaman [nama barang kantor] dari PT XYZ pada tanggal 1 Februari 2022. Saat ini, kami telah selesai menggunakan barang tersebut dan akan mengembalikannya pada tanggal 5 Maret 2022.

Kami pastikan bahwa barang kantor yang kami kembalikan dalam kondisi baik dan siap digunakan kembali oleh PT XYZ. Terima kasih atas kerjasamanya dan kami harap dapat bekerja sama lagi di masa yang akan datang.

Salam hormat,
[Nama dan Jabatan Pengirim Surat]

Contoh Surat Pengembalian Barang Kantor 4:

Universitas ABC
Jl. Merdeka No. 789
Bandung
1 April 2022

PT XYZ
Jl. Asia Afrika No. 101
Bandung

Kepada Yth.,
Salam Hormat,

Kami dari Universitas ABC ingin mengucapkan terima kasih atas peminjaman [nama barang kantor] dari PT XYZ pada tanggal 1 Maret 2022. Saat ini, kami telah selesai menggunakan barang tersebut dan akan mengembalikannya pada tanggal 5 April 2022.

Kami pastikan bahwa barang kantor yang kami kembalikan dalam kondisi baik dan siap digunakan kembali oleh PT XYZ. Terima kasih atas kerjasamanya dan kami harap dapat bekerja sama lagi di masa yang akan datang.

Salam hormat,
[Nama dan Jabatan Pengirim Surat]

Kesimpulan

Surat pengembalian barang kantor adalah surat yang digunakan untuk memberitahu pihak yang berkaitan bahwa suatu barang kantor akan dikembalikan. Surat ini biasanya digunakan ketika sebuah perusahaan atau instansi meminjam barang dari pihak lain. Format surat pengembalian barang kantor terdiri dari header surat, pembukaan surat, isi surat, penutup surat, dan tanda tangan dan nama pengirim surat. Contoh surat pengembalian barang kantor dapat membantu Anda dalam membuat surat yang sesuai dengan kebutuhan Anda.