Surat pemberitahuan pembayaran melalui rekening adalah salah satu bentuk surat yang digunakan untuk memberitahu seseorang atau perusahaan untuk melakukan pembayaran melalui rekening bank tertentu. Surat ini biasanya digunakan oleh perusahaan atau organisasi untuk memberitahu pelanggannya agar melakukan pembayaran menggunakan rekening bank tertentu yang telah disediakan. Surat ini biasanya dikirimkan melalui pos atau email.

Format Surat Pemberitahuan Pembayaran Melalui Rekening

Berikut ini adalah format umum surat pemberitahuan pembayaran melalui rekening:

[Nama Perusahaan/Organisasi]
[Alamat Perusahaan/Organisasi]
[No. Telepon Perusahaan/Organisasi]
[Email Perusahaan/Organisasi]
[Tanggal Surat]

Kepada Yth:
[Nama Pelanggan]
[Alamat Pelanggan]
[No. Telepon Pelanggan]
[Email Pelanggan]

Dengan hormat,
Kami dari [Nama Perusahaan/Organisasi] ingin mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan. Sehubungan dengan hal tersebut, kami ingin memberitahu bahwa pembayaran dapat dilakukan melalui rekening bank kami sebagai berikut:

[Nama Bank]
[No. Rekening]
[Atas Nama]
[Jumlah Pembayaran]
[Keterangan]

Kami mohon agar [Nama Pelanggan] dapat melakukan pembayaran melalui rekening tersebut sebelum batas waktu yang telah ditentukan. Apabila pembayaran tidak dilakukan sebelum batas waktu yang ditentukan, maka kami akan menganggap bahwa pelanggan tersebut tidak memenuhi kewajiban pembayaran dan akan dikenakan sanksi administrasi.

Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan. Kami berharap agar [Nama Pelanggan] dapat segera melakukan pembayaran melalui rekening bank yang telah disediakan. Jika ada pertanyaan atau bantuan yang diperlukan, silakan hubungi kami melalui telepon atau email yang telah tertera di atas.

Hormat kami,
[Nama Perusahaan/Organisasi]

Contoh Surat Pemberitahuan Pembayaran Melalui Rekening

Berikut ini adalah contoh surat pemberitahuan pembayaran melalui rekening:

Contoh 1
PT. ABC
Jl. Sudirman No. 123
Jakarta Selatan
021-123456
abc@abc.com
10 Oktober 2021

Kepada Yth:
Bapak/Ibu/Nama
Alamat
No. Telepon
Email

Dengan hormat,
Kami dari PT. ABC ingin mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan. Sehubungan dengan hal tersebut, kami ingin memberitahu bahwa pembayaran dapat dilakukan melalui rekening bank kami sebagai berikut:

Bank Mandiri
123456789
PT. ABC
Rp 1.000.000
Pembayaran Bulan Oktober 2021

Kami mohon agar Bapak/Ibu/Nama dapat melakukan pembayaran melalui rekening tersebut sebelum tanggal 20 Oktober 2021. Apabila pembayaran tidak dilakukan sebelum batas waktu yang ditentukan, maka kami akan menganggap bahwa Bapak/Ibu/Nama tidak memenuhi kewajiban pembayaran dan akan dikenakan sanksi administrasi.

Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan. Kami berharap agar Bapak/Ibu/Nama dapat segera melakukan pembayaran melalui rekening bank yang telah disediakan. Jika ada pertanyaan atau bantuan yang diperlukan, silakan hubungi kami melalui telepon atau email yang telah tertera di atas.

Hormat kami,
PT. ABC

Contoh 2
PT. XYZ
Jl. Thamrin No. 456
Jakarta Pusat
021-987654
xyz@xyz.com
15 Oktober 2021

Kepada Yth:
Bapak/Ibu/Nama
Alamat
No. Telepon
Email

Dengan hormat,
Kami dari PT. XYZ ingin mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan. Sehubungan dengan hal tersebut, kami ingin memberitahu bahwa pembayaran dapat dilakukan melalui rekening bank kami sebagai berikut:

Bank BNI
987654321
PT. XYZ
Rp 500.000
Pembayaran Bulan Oktober 2021

Kami mohon agar Bapak/Ibu/Nama dapat melakukan pembayaran melalui rekening tersebut sebelum tanggal 25 Oktober 2021. Apabila pembayaran tidak dilakukan sebelum batas waktu yang ditentukan, maka kami akan menganggap bahwa Bapak/Ibu/Nama tidak memenuhi kewajiban pembayaran dan akan dikenakan sanksi administrasi.

Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan. Kami berharap agar Bapak/Ibu/Nama dapat segera melakukan pembayaran melalui rekening bank yang telah disediakan. Jika ada pertanyaan atau bantuan yang diperlukan, silakan hubungi kami melalui telepon atau email yang telah tertera di atas.

Hormat kami,
PT. XYZ

Contoh 3
Universitas ABC
Jl. Merdeka No. 789
Surabaya
031-123456
abc@univ.ac.id
20 Oktober 2021

Kepada Yth:
Mahasiswa/i
Nama
Alamat
No. Telepon
Email

Dengan hormat,
Kami dari Universitas ABC ingin mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan. Sehubungan dengan hal tersebut, kami ingin memberitahu bahwa pembayaran dapat dilakukan melalui rekening bank kami sebagai berikut:

Bank BCA
234567890
Universitas ABC
Rp 2.000.000
Uang Kuliah Semester Ganjil 2021/2022

Kami mohon agar Mahasiswa/i Nama dapat melakukan pembayaran melalui rekening tersebut sebelum tanggal 30 Oktober 2021. Apabila pembayaran tidak dilakukan sebelum batas waktu yang ditentukan, maka kami akan menganggap bahwa Mahasiswa/i Nama tidak memenuhi kewajiban pembayaran dan akan dikenakan sanksi administrasi.

Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan. Kami berharap agar Mahasiswa/i Nama dapat segera melakukan pembayaran melalui rekening bank yang telah disediakan. Jika ada pertanyaan atau bantuan yang diperlukan, silakan hubungi kami melalui telepon atau email yang telah tertera di atas.

Hormat kami,
Universitas ABC

Contoh 4
PT. ZZZ
Jl. Asia Afrika No. 111
Bandung
022-111222
zzz@zzz.com
25 Oktober 2021

Kepada Yth:
Bapak/Ibu/Nama
Alamat
No. Telepon
Email

Dengan hormat,
Kami dari PT. ZZZ ingin mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan. Sehubungan dengan hal tersebut, kami ingin memberitahu bahwa pembayaran dapat dilakukan melalui rekening bank kami sebagai berikut:

Bank BRI
345678901
PT. ZZZ
Rp 750.000
Pembayaran Tagihan Oktober 2021

Kami mohon agar Bapak/Ibu/Nama dapat melakukan pembayaran melalui rekening tersebut sebelum tanggal 31 Oktober 2021. Apabila pembayaran tidak dilakukan sebelum batas waktu yang ditentukan, maka kami akan menganggap bahwa Bapak/Ibu/Nama tidak memenuhi kewajiban pembayaran dan akan dikenakan sanksi administrasi.

Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan. Kami berharap agar Bapak/Ibu/N