Surat paklaring kerja atau biasa disebut dengan surat keterangan bekerja adalah surat yang dikeluarkan oleh perusahaan atau instansi tempat seseorang bekerja. Surat ini berfungsi sebagai tanda bukti bahwa seseorang telah bekerja di perusahaan atau instansi tersebut. Surat paklaring kerja biasanya diperlukan dalam berbagai keperluan, seperti pengajuan kredit, pembuatan paspor, dan sebagainya.
Format Surat Paklaring Kerja
Format surat paklaring kerja tidak memiliki ketentuan yang baku, namun umumnya terdiri dari beberapa bagian penting, yaitu:
- Nama dan alamat perusahaan atau instansi
- Nomor surat dan tanggal terbit
- Nama lengkap karyawan
- Jabatan karyawan
- Lamanya bekerja
- Gaji yang diterima
- Tanda tangan dan cap perusahaan atau instansi
Berikut contoh format surat paklaring kerja:
_Perusahaan ABC
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Jakarta
Nomor: SPK/001
Tanggal: 1 Januari 2022
Kepada Yth,
Kepala Bank XYZ
Jl. Thamrin No. 456
Jakarta
Dengan ini kami sampaikan bahwa yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: Andi Surya
Jabatan: Staff Administrasi
Lama bekerja: 5 tahun
Gaji: Rp 7.500.000,- per bulan
Telah bekerja di perusahaan kami sejak tanggal 1 Januari 2017. Demikian surat paklaring kerja ini kami buat dengan sebenarnya dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Hormat kami,
[CAP PERUSAHAAN]
[TTD]
Andi Surya_
Contoh Surat Paklaring Kerja
Berikut adalah beberapa contoh surat paklaring kerja:
- Contoh Surat Paklaring Kerja untuk Karyawan Tetap
_Perusahaan XYZ
Jl. Gatot Subroto No. 456
Surabaya
Nomor: SPK/002
Tanggal: 2 Februari 2022
Kepada Yth,
Kepala Bank ABC
Jl. Diponegoro No. 789
Surabaya
Dengan ini kami sampaikan bahwa yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: Budi Santoso
Jabatan: Supervisor
Lama bekerja: 10 tahun
Gaji: Rp 10.000.000,- per bulan
Telah bekerja di perusahaan kami sejak tanggal 1 Februari 2012 dan masih aktif sebagai karyawan tetap hingga saat ini. Demikian surat paklaring kerja ini kami buat dengan sebenarnya dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Hormat kami,
[CAP PERUSAHAAN]
[TTD]
Budi Santoso_
- Contoh Surat Paklaring Kerja untuk Karyawan Kontrak
_Perusahaan LMN
Jl. Veteran No. 101
Bandung
Nomor: SPK/003
Tanggal: 3 Maret 2022
Kepada Yth,
Kepala Kantor Imigrasi
Jl. Merdeka No. 202
Bandung
Dengan ini kami sampaikan bahwa yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: Dian Permatasari
Jabatan: Staff Akuntansi
Lama bekerja: 1 tahun
Gaji: Rp 5.000.000,- per bulan
Telah bekerja di perusahaan kami sejak tanggal 1 Maret 2021 sebagai karyawan kontrak dengan masa kontrak selama 1 tahun dan telah berakhir pada tanggal 28 Februari 2022. Demikian surat paklaring kerja ini kami buat dengan sebenarnya dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Hormat kami,
[CAP PERUSAHAAN]
[TTD]
Dian Permatasari_
- Contoh Surat Paklaring Kerja untuk Karyawan Magang
_Perusahaan PQR
Jl. Asia Afrika No. 303
Bogor
Nomor: SPK/004
Tanggal: 4 April 2022
Kepada Yth,
Kepala Bank LMN
Jl. Asia Afrika No. 404
Bogor
Dengan ini kami sampaikan bahwa yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: Rina Fitriani
Jabatan: Mahasiswa Magang
Lama bekerja: 3 bulan
Gaji: Tidak ada
Telah bekerja di perusahaan kami sejak tanggal 1 Januari 2022 sebagai mahasiswa magang dan telah menyelesaikan masa magangnya pada tanggal 31 Maret 2022. Demikian surat paklaring kerja ini kami buat dengan sebenarnya dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Hormat kami,
[CAP PERUSAHAAN]
[TTD]
Rina Fitriani_
- Contoh Surat Paklaring Kerja untuk Karyawan Resign
_Perusahaan UVW
Jl. Ahmad Yani No. 505
Semarang
Nomor: SPK/005
Tanggal: 5 Mei 2022
Kepada Yth,
Kepala Kantor Pajak
Jl. Gajah Mada No. 606
Semarang
Dengan ini kami sampaikan bahwa yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: Dwi Cahyani
Jabatan: Staff Keuangan
Lama bekerja: 2 tahun
Gaji: Rp 6.500.000,- per bulan
Telah bekerja di perusahaan kami sejak tanggal 1 Mei 2020 dan telah mengajukan resign pada tanggal 30 April 2022. Demikian surat paklaring kerja ini kami buat dengan sebenarnya dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Hormat kami,
[CAP PERUSAHAAN]
[TTD]
Dwi Cahyani_
Kesimpulan
Surat paklaring kerja merupakan surat yang dikeluarkan oleh perusahaan atau instansi tempat seseorang bekerja. Surat ini berfungsi sebagai tanda bukti bahwa seseorang telah bekerja di perusahaan atau instansi tersebut. Format surat paklaring kerja tidak memiliki ketentuan yang baku, namun umumnya terdiri dari beberapa bagian penting seperti nama dan alamat perusahaan atau instansi, nomor surat dan tanggal terbit, nama lengkap karyawan, jabatan karyawan, lamanya bekerja, g