Sebagai perangkat desa, tugas dan tanggung jawab yang diemban sangatlah berat. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika ada saatnya perangkat desa membutuhkan cuti untuk berbagai alasan. Namun, untuk dapat memperoleh cuti, perangkat desa harus menyampaikan permohonan surat izin cuti perangkat desa ke kepala desa. Berikut ini adalah pengertian, format, dan contoh surat izin cuti perangkat desa yang perlu diketahui.

Pengertian Surat Izin Cuti Perangkat Desa

Surat izin cuti perangkat desa adalah surat yang dibuat oleh perangkat desa untuk memohon izin cuti kepada kepala desa. Surat izin cuti ini harus disampaikan minimal 7 (tujuh) hari kerja sebelum tanggal cuti dimulai. Surat izin cuti perangkat desa diperlukan agar kepala desa dapat mempersiapkan pengganti perangkat desa yang cuti agar tugas-tugas desa tetap dapat berjalan dengan baik.

Format Surat Izin Cuti Perangkat Desa

Surat izin cuti perangkat desa harus dibuat dengan format yang jelas dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Berikut adalah format yang dapat digunakan dalam membuat surat izin cuti perangkat desa:

  1. Judul: Surat Izin Cuti Perangkat Desa
  2. Tanggal dibuat surat
  3. Nama kepala desa
  4. Alamat kepala desa
  5. Perihal: Permohonan izin cuti
  6. Isi surat (mengenai alasan cuti, tanggal cuti, dan permohonan persetujuan)
  7. Tanggal surat dibuat
  8. Nama perangkat desa yang membuat surat

Contoh Surat Izin Cuti Perangkat Desa

Berikut adalah beberapa contoh surat izin cuti perangkat desa yang dapat menjadi acuan dalam membuat surat izin cuti perangkat desa:

Contoh Surat Izin Cuti Perangkat Desa 1

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Kepala Desa di
Tempat

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang bertanda tangan di bawah ini:

  1. Nama : Ahmad Sururi
  2. Jabatan : Sekretaris Desa
  3. Alamat : Jl. Raya Desa Sukamaju No. 1

Dengan ini saya bermaksud untuk mengajukan permohonan izin cuti selama 5 (lima) hari kerja dari tanggal 20 Februari 2022 s.d. 24 Februari 2022 dengan alasan sakit.

Demikian permohonan ini saya sampaikan, atas perhatian dan izin yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hormat Saya,

Ahmad Sururi

Contoh Surat Izin Cuti Perangkat Desa 2

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Kepala Desa di
Tempat

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang bertanda tangan di bawah ini:

  1. Nama : Nurul Hidayah
  2. Jabatan : Bendahara Desa
  3. Alamat : Jl. Raya Desa Mekarsari No. 2

Dengan hormat, saya bermaksud mengajukan permohonan izin cuti selama 3 (tiga) hari kerja dari tanggal 10 Maret 2022 s.d. 12 Maret 2022 dengan alasan akan mengikuti acara keluarga di luar kota.

Demikian permohonan izin cuti ini saya buat, atas perhatian dan izin yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Hormat Saya,

Nurul Hidayah

Contoh Surat Izin Cuti Perangkat Desa 3

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Kepala Desa di
Tempat

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang bertanda tangan di bawah ini:

  1. Nama : Dani Saputra
  2. Jabatan : Kepala Dusun
  3. Alamat : Jl. Raya Desa Mawar No. 3

Dengan hormat, saya bermaksud mengajukan permohonan izin cuti selama 7 (tujuh) hari kerja dari tanggal 5 April 2022 s.d. 11 April 2022 dengan alasan akan mengikuti pelatihan kepemimpinan di luar kota.

Demikian permohonan izin cuti ini saya buat, atas perhatian dan izin yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Hormat Saya,

Dani Saputra

Contoh Surat Izin Cuti Perangkat Desa 4

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Kepala Desa di
Tempat

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang bertanda tangan di bawah ini:

  1. Nama : Aisha Nurul Fadila
  2. Jabatan : Staf Desa
  3. Alamat : Jl. Raya Desa Cibuntu No. 4

Dengan hormat, saya bermaksud mengajukan permohonan izin cuti selama 2 (dua) hari kerja dari tanggal 20 Mei 2022 s.d. 21 Mei 2022 dengan alasan akan menghadiri acara wisuda adik di luar kota.

Demikian permohonan izin cuti ini saya buat, atas perhatian dan izin yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Hormat Saya,

Aisha Nurul Fadila

Kesimpulan

Surat izin cuti perangkat desa harus disampaikan minimal 7 (tujuh) hari kerja sebelum tanggal cuti dimulai. Surat izin cuti perangkat desa diperlukan agar kepala desa dapat mempersiapkan pengganti perangkat desa yang cuti agar tugas-tugas desa tetap dapat berjalan dengan baik. Format surat izin cuti perangkat desa meliputi judul, tanggal dibuat surat, nama kepala desa, alamat kepala desa, perihal, isi surat, tanggal surat dibuat, dan nama perangkat desa yang membuat surat. Terdapat beberapa contoh surat izin cuti perangkat desa yang dapat dijadikan acuan dalam membuat surat izin cuti perangkat desa.