Surat berhenti kerja seminggu adalah surat yang dibuat oleh seorang karyawan yang ingin mengundurkan diri dari pekerjaannya dalam waktu satu minggu. Surat ini biasanya dibuat jika karyawan sudah memiliki pekerjaan baru atau ingin berhenti dengan alasan tertentu. Surat berhenti kerja seminggu harus dibuat secara resmi dan disampaikan kepada atasan atau HRD perusahaan.

Format Surat Berhenti Kerja Seminggu

Ada beberapa format yang harus diperhatikan dalam membuat surat berhenti kerja seminggu, yaitu:

  1. Tanggal pembuatan surat
  2. Nama perusahaan
  3. Nama atasan atau HRD
  4. Alamat perusahaan
  5. Subjek surat (Surat Berhenti Kerja Seminggu)
  6. Isi surat
  7. Tanda tangan dan nama lengkap karyawan

Format surat berhenti kerja seminggu harus diatur dengan rapi dan jelas. Selain itu, pastikan juga menggunakan bahasa yang sopan dan formal dalam surat tersebut.

Contoh Surat Berhenti Kerja Seminggu

Berikut ini adalah contoh surat berhenti kerja seminggu yang bisa menjadi referensi:

Contoh 1

Tanggal Pembuatan Surat: 1 Januari 2022

Nama Perusahaan
Jl. Raya Sudirman No. 10
Jakarta Pusat

Kepada Yth. HRD Perusahaan
Nama Atasan
Jabatan Atasan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, Nama Karyawan dengan Jabatan Karyawan pada Departemen Karyawan, bermaksud untuk mengajukan surat berhenti kerja seminggu.

Sesuai dengan peraturan yang berlaku, saya akan mengundurkan diri dari pekerjaan saya di perusahaan ini dalam jangka waktu satu minggu, mulai tanggal 8 Januari 2022. Saya berterima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh perusahaan ini selama saya bekerja di sini.

Atas perhatian dan kerja sama yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Tanda Tangan Karyawan
Nama Karyawan

Contoh 2

Tanggal Pembuatan Surat: 1 Februari 2022

Nama Perusahaan
Jl. Raya Sudirman No. 10
Jakarta Pusat

Kepada Yth. HRD Perusahaan
Nama Atasan
Jabatan Atasan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, Nama Karyawan dengan Jabatan Karyawan pada Departemen Keuangan, bermaksud untuk mengajukan surat berhenti kerja seminggu.

Sesuai dengan peraturan yang berlaku, saya akan mengundurkan diri dari pekerjaan saya di perusahaan ini dalam jangka waktu satu minggu, mulai tanggal 8 Februari 2022. Saya berterima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh perusahaan ini selama saya bekerja di sini.

Atas perhatian dan kerja sama yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Tanda Tangan Karyawan
Nama Karyawan

Contoh 3

Tanggal Pembuatan Surat: 1 Maret 2022

Nama Perusahaan
Jl. Raya Sudirman No. 10
Jakarta Pusat

Kepada Yth. HRD Perusahaan
Nama Atasan
Jabatan Atasan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, Nama Karyawan dengan Jabatan Karyawan pada Departemen Pemasaran, bermaksud untuk mengajukan surat berhenti kerja seminggu.

Sesuai dengan peraturan yang berlaku, saya akan mengundurkan diri dari pekerjaan saya di perusahaan ini dalam jangka waktu satu minggu, mulai tanggal 8 Maret 2022. Saya berterima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh perusahaan ini selama saya bekerja di sini.

Atas perhatian dan kerja sama yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Tanda Tangan Karyawan
Nama Karyawan

Contoh 4

Tanggal Pembuatan Surat: 1 April 2022

Nama Perusahaan
Jl. Raya Sudirman No. 10
Jakarta Pusat

Kepada Yth. HRD Perusahaan
Nama Atasan
Jabatan Atasan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, Nama Karyawan dengan Jabatan Karyawan pada Departemen Produksi, bermaksud untuk mengajukan surat berhenti kerja seminggu.

Sesuai dengan peraturan yang berlaku, saya akan mengundurkan diri dari pekerjaan saya di perusahaan ini dalam jangka waktu satu minggu, mulai tanggal 8 April 2022. Saya berterima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh perusahaan ini selama saya bekerja di sini.

Atas perhatian dan kerja sama yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Tanda Tangan Karyawan
Nama Karyawan

Kesimpulan

Surat berhenti kerja seminggu adalah surat yang dibuat oleh karyawan yang ingin mengundurkan diri dari pekerjaannya dalam waktu satu minggu. Surat ini harus dibuat secara resmi dan disampaikan kepada atasan atau HRD perusahaan. Format surat berhenti kerja seminggu harus diatur dengan rapi dan jelas. Selain itu, pastikan juga menggunakan bahasa yang sopan dan formal dalam surat tersebut. Dalam membuat surat berhenti kerja seminggu, karyawan dapat memperhatikan contoh-contoh surat tersebut sebagai referensi.