Surat berhenti kerja sebulan atau yang juga dikenal dengan istilah surat pengunduran diri adalah surat yang diberikan oleh karyawan kepada perusahaan yang menjadi tempatnya bekerja untuk memberitahukan bahwa ia akan mengundurkan diri dari pekerjaannya setelah bekerja selama satu bulan. Surat ini umumnya dibuat oleh karyawan yang merasa bahwa pekerjaannya sudah tidak sesuai dengan keinginannya atau karena alasan lain yang membuatnya ingin berhenti dari pekerjaannya.

Format Surat Berhenti Kerja Sebulan

Format surat berhenti kerja sebulan sebenarnya sama dengan format surat pengunduran diri pada umumnya. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat berhenti kerja sebulan. Berikut adalah format surat berhenti kerja sebulan yang bisa diikuti:

  1. Penulisan tanggal dan alamat perusahaan

Surat berhenti kerja sebulan dimulai dengan penulisan tanggal dan alamat perusahaan yang ditujukan. Alamat perusahaan harus lengkap dengan nomor telepon dan alamat email perusahaan.

  1. Penulisan salam pembuka

Salam pembuka pada surat berhenti kerja sebulan harus disesuaikan dengan jabatan penerima surat. Jika penerima surat adalah atasan langsung, maka salam pembuka yang digunakan adalah “Kepada Yth. (nama atasan langsung)”. Jika penerima surat adalah HRD, maka salam pembuka yang digunakan adalah “Kepada Yth. HRD (nama perusahaan)”.

  1. Penulisan paragraf pengenalan

Paragraf pengenalan pada surat berhenti kerja sebulan berisi tentang pengenalan diri dan jabatan yang dipegang di perusahaan. Paragraf ini juga bisa digunakan untuk memberikan apresiasi terhadap perusahaan dan rekan kerja.

  1. Penulisan paragraf inti

Paragraf inti pada surat berhenti kerja sebulan berisi tentang alasan mengundurkan diri dari pekerjaan. Alasan yang disebutkan harus jelas dan logis. Selain itu, karyawan juga harus memberikan waktu satu bulan sebelum mengakhiri pekerjaannya.

  1. Penulisan salam penutup

Salam penutup pada surat berhenti kerja sebulan harus disesuaikan dengan salam pembuka. Jika salam pembuka yang digunakan adalah “Kepada Yth. (nama atasan langsung)”, maka salam penutup yang digunakan adalah “Hormat saya, (nama karyawan)”. Jika salam pembuka yang digunakan adalah “Kepada Yth. HRD (nama perusahaan)”, maka salam penutup yang digunakan adalah “Hormat saya, (nama karyawan)”.

  1. Penulisan tanda tangan

Surat berhenti kerja sebulan harus ditandatangani oleh karyawan yang bersangkutan.

Contoh Surat Berhenti Kerja Sebulan

Berikut adalah beberapa contoh surat berhenti kerja sebulan yang bisa dijadikan referensi:

Contoh 1

Tanggal: 1 Agustus 2021

Kepada Yth. HRD PT ABC

Jl. Sudirman No. 123

Jakarta Pusat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Sarah

Jabatan: Marketing Manager

Dengan ini mengundurkan diri dari pekerjaan saya di PT ABC setelah bekerja selama satu bulan terhitung sejak tanggal surat ini dibuat. Saya memutuskan untuk mengundurkan diri karena saya ingin mencari pengalaman baru di bidang marketing yang lebih menantang.

Saya sangat berterima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh PT ABC selama ini. Saya juga berterima kasih kepada rekan kerja saya yang telah bekerja sama dengan saya dan memberikan banyak pengalaman berharga selama saya bekerja di PT ABC.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenarnya. Atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Sarah

Contoh 2

Tanggal: 1 Agustus 2021

Kepada Yth. (nama atasan langsung)

Jabatan: Manager

Departemen: Keuangan

PT XYZ

Jl. MH Thamrin No. 456

Jakarta Pusat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Budi

Jabatan: Staff Keuangan

Dengan ini saya ingin memberitahukan bahwa saya akan mengundurkan diri dari pekerjaan saya di PT XYZ setelah bekerja selama satu bulan terhitung sejak tanggal surat ini dibuat. Saya merasa bahwa pekerjaan saya tidak lagi sesuai dengan harapan saya dan saya ingin mencari pengalaman baru di bidang keuangan.

Saya meminta maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin timbul akibat keputusan saya ini. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada atasan langsung dan rekan kerja saya yang telah memberikan banyak bantuan dan dukungan selama saya bekerja di PT XYZ.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenarnya. Sekali lagi, saya meminta maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin timbul akibat keputusan saya ini. Atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Budi

Kesimpulan

Surat berhenti kerja sebulan adalah surat yang diberikan oleh karyawan kepada perusahaan yang menjadi tempatnya bekerja untuk memberitahukan bahwa ia akan mengundurkan diri dari pekerjaannya setelah bekerja selama satu bulan. Dalam membuat surat ini, perlu diperhatikan format yang benar dan alasan yang jelas dan logis. Beberapa contoh surat berhenti kerja sebulan juga bisa dijadikan referensi dalam membuat surat ini.