Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan program bantuan sosial yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia. Program ini bertujuan untuk membantu anak-anak dari keluarga kurang mampu agar tetap bisa bersekolah dan mendapatkan pendidikan yang layak. Salah satu bentuk bantuan yang diberikan oleh program PIP adalah subsidi biaya pendidikan. Namun, untuk bisa mendapatkan subsidi tersebut, siswa harus memiliki surat aktivasi PIP SD.

Pengertian Surat Aktivasi PIP SD

Surat aktivasi PIP SD adalah surat yang diberikan oleh Dinas Pendidikan setempat sebagai bukti bahwa siswa tersebut memang layak untuk mendapatkan subsidi biaya pendidikan dari program PIP. Surat ini diberikan kepada siswa yang memenuhi kriteria sebagai penerima bantuan, yaitu siswa dari keluarga kurang mampu dengan KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) dan SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) yang masih bersekolah di SD.

Format Surat Aktivasi PIP SD

Format surat aktivasi PIP SD cukup sederhana, terdiri dari:

  1. Nama lengkap siswa
  2. Nomor induk siswa (NIS)
  3. Nama sekolah
  4. Alamat sekolah
  5. Nama orang tua/wali
  6. Nomor KKS
  7. Nomor SKTM
  8. Tanggal diterbitkan surat

Contoh Surat Aktivasi PIP SD

Berikut ini adalah contoh surat aktivasi PIP SD:

Contoh Surat Aktivasi PIP SD

Kepada Yth.

Kepala Sekolah

SD Negeri 001 Jakarta

Dengan ini kami sampaikan bahwa siswa kami:

  1. Nama Lengkap: Budi Santoso
  2. NIS: 123456789
  3. Nama Sekolah: SD Negeri 001 Jakarta
  4. Alamat Sekolah: Jl. Jend. Sudirman No. 1 Jakarta
  5. Nama Orang Tua/Wali: Siti Rahayu
  6. Nomor KKS: 1234-5678-9012
  7. Nomor SKTM: 0987/SDN001/IX/2021
  8. Tanggal Diterbitkan: 1 September 2021

Adalah siswa yang memenuhi kriteria sebagai penerima bantuan subsidi biaya pendidikan PIP SD. Oleh karena itu, kami mohon agar Bapak/Ibu Kepala Sekolah dapat memberikan akses kepada siswa tersebut untuk mendapatkan subsidi biaya pendidikan dari program PIP. Atas perhatian dan kerja samanya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Kepala Dinas Pendidikan Jakarta

Kesimpulan

Surat aktivasi PIP SD adalah surat yang diberikan oleh Dinas Pendidikan setempat sebagai bukti bahwa siswa tersebut memang layak untuk mendapatkan subsidi biaya pendidikan dari program PIP. Surat ini diberikan kepada siswa yang memenuhi kriteria sebagai penerima bantuan, yaitu siswa dari keluarga kurang mampu dengan KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) dan SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) yang masih bersekolah di SD. Format surat aktivasi PIP SD cukup sederhana, terdiri dari nama lengkap siswa, nomor induk siswa (NIS), nama sekolah, alamat sekolah, nama orang tua/wali, nomor KKS, nomor SKTM, dan tanggal diterbitkan surat.